Rabu, 22 Agustus 2007

INILAH JAWABANNYA

KUNYIT PENYEBAB KEMANDULAN?

Benarkah wanita yang minum kunyit tiap hari bisa mandul?

Tidak benar. Kebanyakan makan atau minum kunyit (curcuma domestica) paling-paling menyebabkan diare kalau tidak tahan terhadap kandungan phellandrena-nya(minyak asiri seperti terdapat pada minyak adas). Pada dasarnya sari kunyit mempunyai banyak khasiat, antara lain: mencegah demam, mencegah pengeluaran getah lambungyang berlebihan, mengurangi kembung, obat diare sekaligus obat sembelit( dengan campuran berbeda).

MENGAPA EREKSI?

Bagaimana prosesnya dampai kemaluan pria bisa tegang dan membesar?

Dalam keadaan normal penis seorang pria lebek. Penis menjadi tegang dan membesar bila ada rangsangan seksual, atau bisa juga karena kandung kencing penuh. Penyebabnya adalah tiga jalur jaringan pada penis, yaitu corpora cavernosa disebelah atas dan sisi, dan corpus spongiosum di sebelah bawah. Jaringan ini memiliki banyak pembuluh darah. Ketika ada rangsangan seksual, otot pangkal penis berkontraksi dan mengalirkan aliran darah dari ujung penis ke pangkal. Akibatnya, darah menggumpal dalam jaringan dan penis membesar.

MENGUAP

Mengapa kita menguap pada saat lelah dan menagntuk?

Kita menguap bila terlalu banyak karbon dioksida dalam darah. Dengan kata lain, darah kekurangan oksigen. Salah satu saraf di otak memerintahkan refleks menguap, sehingga kita menghirup udara sebanyak-banyaknya sambil membuka mulutselebar-lebarnya. Kita menguap karena letih karena pernapasan mulai melambat atau dalam riangan pengap yang penuh sesak. Pada binatang menguap belum tentu kekurangan oksigen. Salah satu jenis penguin akan menguap lebar-lebar sebelum mulai bercinta.

MIMPI BASAH

Berbahayakah kalau seseorang mengalami mimpi basah sampai tiga kali semalam? Apakah ini akan mempengaruhi kesehatan?

Pada anak laki-laki akil balik, tubulus penghasil sperma di dalam buah pelir muali muali menjadi dewasa. Kelenjar prostatpun menghasilkan sperma. Setiap 24jam tubulus menghasilkan 200juta sperma. Sperma harus keluar, pada pria yang belum menikah melalui mimpi basah. Jadi, mimpi basah adalah gejala normal. Tetapi bila terlalu sering, apalagi sampai tiga kali semalam, akibatnay bisa merasa letih, kurus, dan kuyu. Efek sampingan ini bukan karena mimpi basah, tetapi karena menjadi orang kurang tidur.

Sebaiknya minta nasihat dokter umum dan perbanyaklah olahraga yang biasanya membantu mengatasi persoalan ini, serta lakukan kegiatan lain yang menyehatkan.

INGUS

Bagaimana proses terjadinya ingus dan lendir ketika kita pilek dan batuk?

Ketika pilek, selaput lendir mengalami iritasi akibat ulah virus, sehingga membengkak dan mengering. Tubuh mengatasinya dengan meningkatkan produksi cairan yang mengandung leukosit. Cairan ini yang kita sebut ingus. Saluran pernapasan melalui rongga hidung, tenggorokan dan trakea yang saling berhubungan. Lendir yang berkumpul di hidung dan tenggorokan amat mengganggu. Sistem pernapasan tersumbat dan saraf-saraf sepanjang saluran pernapasan teriritasi. Kitapun batuk.


LEBIH SERING KALAU DINGIN

Mengapa hasrat kencing seseorang lebih sering kalau cuaca dingin?

60% tubuh kita terdiri atas air. Tubuh senantiasa mengatur jumlah ini, sehingga bila ada kelebihan dari makanan dan minuman, tubuh akan mengeluarkannyamelalui keringat, sehingga kelebihan air dalam tubuh di buang melalui pembuangan air seni.

BERSIN

Mengapa orang bersin? Benarkah ketika bersin tersembur 10.000 virus? Mengapa orang yang akan bersin cenderung melihat sinar?

Sistem pernapasan terdiri atas rongga hidung, tenggorokan saluran pernapasan, dan organ lain seperti paru-paru. Bila rongga hidung meradang terbentuk lendir yang menyumbat saluan pernapasan. Untuk melonggarkannya, kita bersin dan batuk. Bersin juga bisa di sebabkan oleh rangsangan debu, terutama pada penderita alergi. Bersin dan batuk membutuhkan banyak energi dan sesudahnya mempercepat degup jantung. Bersin memang menyemburkan banyak virus, bahkan mungikn lebih dari 10.000 virus, apalagi kalau sedang sakit.

Bersin timbul apabila ada rangsangan pada rongga hidung. Bisa berupa lendir, zat-zat atau aroma yang merangsang, umpamanya bau cabai yang di goreng. Bahkan kita bisa di buat bersin hanya dengan menggelitik rongga hisdung dengan tisu yang di gulung runcing. Jadi, tanpa melihat sinarpun bersin tetap terjadi.

LUKA GATAL

Mengapa luka yang hampir sembuh selalu terasa gatal?

Pada saat kulit terluka dan mengalami pendarhan, komponen darah(platelet) pecah dan mengeluarkan zat kimia. Zat ini mengubah fibrinogen menjadi jalinan hablur yang menjerat sel-sel darah merah, sehingga terbentuklah gumpalan yang menutupi luka.

Pada proses beikutnya, tubuh menumbuhkan selkulit baru sambil meluruhkan gumpalan penutup tadi. Dalam prosespenumbuhan kulit baru yang berlimpah ini, biasanya timbul rasa gatal.

UBAN

Mengapa kini banyak orang yang telah beruban, meskipun usianya masih muda?

Sebagaimana kulit, warna rambut juga di tentukan oleh pigmen gelap yang di sebut melanin. Umumnya, semakin bertambah umur seseorang kian sedikit jumlah pigmen yang terbentuk batang rambut akan berisi gelembung-gelembung udara, sehingga rambut terlihat abu-abu tua putih. Namun, pada orang-orang tertentu, proses ini bisa terjadi pada usia relatip muda. Kelainan ini bersifat menurun (genetik), sehingga memang sukar di cegah. Ada baiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit.

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Pesan Anda