Rabu, 22 Agustus 2007

Tutorial Ms Acces २००० Bag 1

Beberapa Terminologi
Kata ini sering digunakan dalam Acess jadi anda harus pelajari agar anda menjadi tidak asing dengan kata ini.

  • Database adalah kumpulan informasi yang saling berkaitan
  • object adalah sesuatu yang ada dalam database seperti tabel, query, form atau macro
  • Table pengelompokan dari hubungan data yang berhubungan dalam field dan arsip pada datasheet. Dengan menggunakan field umum dalam 2 tabel, data bisa dikombinasikan. Banyak tabel bisa disimpan dalam database tunggal.
  • Field adalah kolom dalam dataseheet dan artinya data hasil ketikan yang disimpan dalam bentuk tabel. . Untuk tabel mailing list table juga termasuk fileld untuk nama awal, nama akhir, alamat, kota, negara, kode pos dan nomor telepon
  • Record dalam baris dalam dan nilainya didefinisikan oleh field. dalam tabel mailing list, masing masing arsip akan berisi data untuk satu orang yang diatur oleh pembagian field.
  • Design View tool yang disediakan untuk membuat fields dalam tabel.
  • Datasheet View Mengijinkan anda untuk mengupdate, mengedit dan menghapus informasi dalam tabel..

Pendahuluan
Setelah membuka Access, anda akan ditunjukkan dengan jendela seperti dibawah. Pilih salah satu pilihan dari dua pilihan, pilih new database untuk memilih database baru, atau pilihan yang ketiga jika anda ingin mengedit database yang ada. Semua pilihan akan dijelaskan dibawah.

[Access startup window]

Database Access Kosong

  1. Tidak seperti Word documents, Excel worksheets, dan Power Point presentations, anda harus menyimpan Access database sebelum anda memulai bekerja. Setelah memilih "Blank Access database", akan muncul prompt dimana lokasi dan nama file untuk menyimpan database.
    [File New Database]
  2. Cari folder dimana database harus berada dalam Save in menu panah kebawah.
  3. Ketik nama database dalam baris File name dan klik tombol Create

Access database wizards, pages, dan projects
Access' wizards dan layout berada dalam struktur database yang hanya merupakan data input. Pilih database type dan klik OK. Nama database pada monitor selanjutnya.

[New Database window]

Membuka database yang telah ada.
Jika database telah terbuka pada komputer anda, akan ada daftar dalam menu utama. Sorot nama database dan klik OK. Cara lainnya adalah dengan menyorot, "More Files..." pada daftar dan klik OK. Dari jendela berikutnya, klik "Look In:" menu panah kebawah untuk mencari folder dimana tempat database, sorot nama database pada daftar dan klik OK.

Mengkonvert ke Access 2003
Sebelum membuka file yang telah dibuat dalam versi Access sebelumnya, file harus dikonvert dulu ke Access 2003 format. Cara mengkonvert ikuti langkah dibawah :

  1. Buka Access dan pilih Tools|Database Utilities|Convert Database|To Current Access Database Version dari menu bar.
  2. Pilih database yang akan dikonvert dan klik tombol Convert
  3. Versi terbaru akan akan tampil terpisah dan versi lama akan tetap dengan nama लें.

Jendela Database
Jendela Database mengorganisir semua objek dalam database. Default daftar tabel disediakan link untuk membuat tabel :
[Database Window]

Design View
Design View field dalam database untuk memasukkan data

[Design View]


Datasheet View
Datasheet mengijinkan anda untuk memasukkan data dalam database.
[Datasheet View]


Memperkenalkan Tabel
Tabel adalah tempat menyimpan informasi dalam database sama seperti Excel kertas kerja menyimpan informasi dalam buku kerja. Access menyediakan tiga cara untuk membuat tabel yang mana ada icon dalam Database Window. Klik ganda pada icon untuk membuat tabel.

[Database Window]
the Database Window

  • Create table in Design view akan mengijinkan anda untuk membuat field tabel. Ini adalah cara umum untuk membuat tabel dan penjelasannya ada dibawah.
  • Create table using wizard langkah anda dalam membuat tabel.
  • Create table by entering data akan memberi anda datasheet kosong tanpa kolom label yang kelihatan seperti. Excel worksheet. Masukkan data pada sel dan klik tombol Save. Anda akan dihadapkan dengan pilihan untuk memasukkan primary key field. Setelah tabel disimpan, sel kosong datasheet akan dihias. Field diberi nama umum seperti "Field1", "Field2", dll. Untuk menggantinya dengan julul lain, Pilih Format|Rename Column dari menu bar atau sorot kolom, klik kanan didalamnya, dan pilih Rename Column dari shortcut menu.

Membuat Tabel dalam Design View
Design View akan mengijinkan anda untuk mengambarkan field dalam tabel sebelum memasukkan data dalam datasheet. Jendela akan dibagi dalam dua bagian. Bagian atas untuk memasuki nama field, tipe data, dan deskripsi option dari field, dan bagian panel bawah untuk spesifikasi field properties.

[Design View]

  • Field Name - Ini nama dari field dan harus ada berisi field seperti "Name", "Address", "Final Grade", dll. Nama tidak boleh lebih dari 64 karakter panjangnya tapi boleh memasukkan space.
  • Data Type tipe value yang akan dimasukkan ke fields
    • Text - Default teks, ketikan teks akan mengijinkan kombinasi antara huruf dengan angka dan maksimal 255 karakter per arsip field.
    • Memo - Ketikan teks menyimpan sampai 64,000 karakter.
    • Number - Berapa karakterpun bisa dimasukkan
    • Date/Time - Tanggal jam atau kombinasi keduanya. .
    • Currency - Mata uang bisa diset, secara otomatis menggunakan dollar. ($)
    • AutoNumber - Ketika arsip baru dibuat, Access akan otomatis memberi suatu bilangan bulat unik ke arsip dalam field. Dari Pilihan utama, pilih kenaikan jika angka yang diberikan dalam urutan acak jika harus dipilih. Sejak semua arsip dalam datasheet harus dimasukkan sekurang kurangnya satu ciri dari semua, ini berguna mengetik data untuk digunakan jika data yang telah ada tidak akan diisi oleh values.
    • Yes/No - Gunakan ini untuk True/False, Yes/No, On/Off, atau values lain yang hanya satu pilihan dari dua .
    • OLE Object - OLE (Object Linking and Embedding) object adalah suara, gambar, atau objek lain seperti Word document atau Excel spreadsheet yang dibuat dalam program lain. Gunakan data ini untuk menempel pada objek OLE atau link ke objek dalam database.
    • Hyperlink - Suatu hyperlink akan menghubungkan ke lokasi internet atau intranet, atau lokasi lain dalam databse. Data terbagi dalam empat bagian masing masing dipisahkan dengan tanda (#): DisplayText#Address#SubAddress#ScreenTip. Alamat adalah bagian yang hanya dibutuhkan dalam string. Contoh :
      Internet hyperlink example: Tutorial Page#http://www.harisfc.com#
      Database link example: #c:\My Documents\database.mdb#MyTable
  • Description (optional) - Masukkan uraian singkat dari isi field.
  • Field Properties - Pilih properties untuk field dari panel bawah

Field Properties
Properties untuk masing-masing field yang diset dari panel bawah dari Design View window.

  • Field Size digunakan untuk mengeset jumlah karakter yang dibutuhkan dalam teks atau nomor field. Default field ukuran untuk teks adalah 50 karakter. Jika arsip dalam field hanya memiliki dua atau tiga karakter, anda bisa mengubah ukuran field untuk menghemat ruang disk atau or mencegah masukkan error dengan batas dari angka karakter yang diijinkan. Demikian juga, jika field membutuhkan lebih dari 50 karakter, masukkan angka lebih dari 255. Ukuran field diset dalam karakter angka untuk teks ketikan, tapi pilihan diberikan untuk jumlah :
    • Byte - Positive integers antara 1 dan 255
    • Integer - Positive dan negative integers antara -32,768 dan 32,768
    • Long Integer (default) - Larger positive and negative integers between -2 billion and 2 billion.
    • Single - Single-precision floating-point number
    • Double - Double-precision floating-point number
    • Decimal - Allows for Precision and Scale property control
  • Format menyesuaikan data dalam filed untuk format sama ketika dimasukkan ke dalam datasheet. Untuk teks dan memo fields, ini memiliki dua bagian yang dipisahkan dengan titik koma. Bagian pertama property digunakan untuk digunakan dalam field dan yang kedua untuk field kosong.

    Teks dan format memo .
    Text Format
    Format Datasheet Entry Display Explanation
    @@@-@@@@ 1234567 123-4567 @ indicates a required
    character or space
    @@@-@@@& 123456 123-456 & indicates an optional
    character or space
    < HELLO hello <>
    > hello HELLO > converts characters to uppercase
    @\! Hello Hello! \ adds characters to the end
    @;"No Data Entered" Hello Hello
    @;"No Data Entered" (blank) No Data Entered

    Number format. Pilih satu dari pilihan dari menu kebawah atau penggunaan simbol seperti dijelaskan dibawah.
    Number Format
    Format Datasheet Entry Display Explanation
    ###,##0.00 123456.78 123,456.78 0 is a placeholder that displays a digit or 0 if there is none.
    # is a placeholder that displays a digit or nothing if there is none.
    $###,##0.00 0 $0.00
    ###.00% .123 12.3% % multiplies the number by 100 and added a percent sign

    Currency format. Format ini terbagi dalam empat bagian yang dipisahkan dengan titik koma.
    format untuk nilai positif; format untuk nilai negatif; format untuk nilai nol ; format untuk nilai kosong.
    Currency Format
    Format Explanation
    $##0.00;($##0.00)[Red];$0.00;"none" Positive values will be normal currency format, negative numbers will be red in parentheses, zero is entered for zero values, and "none" will be written for Null values.

    Date format. Dalam tabel dibawah, nilai "1/1/01" dimasukkan dalam datasheet, dan angka yang mengikuti ditampilkan sebagai hasil dari perbedaan format
    Date Format
    Format Display Explanation
    dddd","mmmm d","yyyy Monday, January 1, 2001 dddd, mmmm, and yyyy print the full day name, month name, and year
    ddd","mmm ". " d", '"yy Mon, Jan. 1, '01 ddd, mmm, and yy print the first three day letters, first three month letters, and last two year digits
    "Today is " dddd Today is Monday
    h:n:s: AM/PM 12:00:00 AM "n" is used for minutes to
    avoid confusion with months

    Yes/No fields ditampilkan dengan memberi ceklist pada kotak default dalam datasheet. Untuk mengubah format dari field, pertama klik Lookup tab dan ubah tampilan kontrol ke kotak teks. Kembali kepada aneka pilihan format yang umum untuk membuat memformat perubahan. Pengaturan ditunjuk tiga bagian yang dipisahkan oleh titik koma. Bagian yang pertama tidak berisi segalanya kecuali titik koma harus dimasukkan. Bagian yang kedua menetapkan pengaturan untuk Ya menilai dan yang ketiga untuk Tidak
    Yes/No Format
    Format Explanation
    ;"Yes"[green];"No"[red] Prints "Yes" in green or "No" in red

  • Default Value - Mungkin ada kasus dimana nilai field akan sama untuk semua arsip. Dalam kasus ini, suatu nilai default bisa diubah untuk mencegah pengetikan sesuatu yang sama. Set Default Value property.

Kunci Utama
Setiap arsip dalam tabel harus memiliki kunci utama yang membedakan dengan arsip lain dalam tabel. Dalam beberapa kasus, hanya perlu untuk menjadikan field yang ada sebagai kunci utama jika dalam setiap arsip dalam tabel akan memiliki nilai yang berbeda untuk field tertentu.

Kunci utama field dengan mengklik kanan pada arsip dan memilih Primary Key dari shorcut menu atau pilih Edit|Primary Key dari menu bar. Kunci utama field akan ditulis dengan kunci gambar ke kiri. Untuk menghilangkan kunci utama, ulangi langkah ini sekali lagi.

Indexes

Dengan membuat indek akan mengijinkan Access untuk menyortir arsip dengan cepat. Untuk menset indek field, pilih field yang biasanya dicari dan berubah dengan Yes (Duplicates OK) jika berbagai masukkan data yang sama di ijinkan atau Yes (No Duplicates) untuk mencegah duplikasi.

Aturan Pengesahan Field.
Pengesahan aturan spesifik dibutuhkan (merubah kata ) untuk data yang dimasukkan ke dalam worksheet. Suatu pesan bisa ditampilkan ke user ketika data itu sesuai dengan aturan setting. Klik ekspresi tombol ("...") diakhir kotak Validation Rule untuk menulis pengesahan aturan. Contoh pengesahan aturan dimasukkan <> 0 tidak diikuti nilai nol dalam arsip, dan ??? hanya semua dat tiga karakter panjangnya.

Menyembunyikan(Mask) Masukkan
Menyembunyikan masukkan kontrol nilai dari arsip dan mengeset dalam spesifik format. Mereka adalah format yang serupa untuk Format property, tetapi sebagai gantinya tampilan format dalam datasheet sebelum data dimasukkan. Untuk contoh, nomor telephone field bisa diformat dengan memasukkan mask untuk sepuluh digit secara otomatis"(999) 888-7777". Field kosong akan seperti (___) ___-____. Memasukkan mask ke field ikuti langkah berikut

  1. Pada design view, tempatkan kursor dalam field masukkan mask untuk mengaplikasikannya. Klik dalam ruang putih ikuti Input Mask dibawah General tab.
  2. Klik tombol "..." untuk menggunakan wizard atau masukkan mask, (@@@) @@@-@@@@, pada field yang disediakan. Ikuti simbol yang isa digunakan untuk membuat masukan mask dari awal.
    Input Mask Symbols
    Symbol Explanation
    A Letter or digit
    0 A digit 0 through 9 without a + or - sign and with blanks displayed as zeros
    9 Same as 0 with blanks displayed as spaces
    # Same as 9 with +/- signs
    ? Letter
    L Letter A through Z
    C or & Character or space
    < Convert letters to lower case
    > Convert letters to upper case

Memasukkan Records(Arsip)
Untuk memasukkan arsip baru ke tabel dalam tampilan datasheet dengan mengetik dalam arsip disamping tanda asterisk (*) yang bertanda itu arsip baru. Anda bisa juga mengklik tombol arsip baru pada bawah datasheet untuk menskip ke akhir arsip kosong.

[Datasheet View]

Mengedit Records
Untuk mengedit arsip, mudah saja tempatkan kursor dalam arsip yang akan diedit dan buat perubahan yang penting. Gunakan panah untuk memindahkan arsip. Sebelumnya, selanjutnya, pertama, dan akhir tombol arsip pada bawah datasheet membantu dalam manuver datasheet..

Menghapus Records
Menghapus arsip pada dataseheet dengan menempatkan kursor dalam baris dan pilih Edit|Delete Record dari menu bar atau klik tombol Delete Record pada datasheet toolbar.

Memasukkan dan Menghapus Kolom
Walaupun yang terbaik adalah membuat field baru (tampilan kolom dalam datasheet) pada design view karena banyak pilihan disediakan, mereka bisa juga dengan cepat memasukkannya dalam datasheet view. Sorot kolom yang merupakan kolom baru yang ditampilkan ke sebelah kiri dengan mengklik label di atas datasheet dan pilih Insert|Column dari menu bar.

Memasukkan kolom bisa juga dengan menghapus dengan menempatkan kursor dalam kolom dan memilih Edit|Delete Column dari menu bar.

Mengubah ukuran Baris dan Kolom
Tinggi baris dalam datasheet bisa diubah dengan mendrag garis abu antara label baris diatas dan bawah dengan mouse. Dengan mengubah tinggi satu baris, tinggi semua baris dalam datasheet akan berubah menjadi value yang baru.

Lebar kolom bisa diubah dalam beberapa cara dengan mendrag ukuran baris antara kolom. Klik ganda pada baris untuk mendapatkan kolom otomatis cocok untuk value yang panjang dari kolom. Tidak seperti baris, kolom pada datasheet bisa berbeda lebarnya. Ukuran nya bisa diubah dengan memilih Format|Row Height atau Format|Column Width dari menu bar.

Freezing Columns
Sama seperti dalam Excel, Kolom pada tabel Access table bisa dibekukan (Freezing). Ini membantu jika datasheet memiliki banyak kolom dan data relevan akan tidak tampak dilayar pada saat bersamaan. Freeze kolom dengan cara menempatkan kursor pada suatu arsip dalam kolom lalu pilih Format|Freeze Columns dari menu bar. Pilih option yang sama untuk menghilangkan freeze kolom atau pilih Format|Unfreeze All Columns.

[Freeze Columns example]

Menyembunyikan Kolom
Kolom bisa juga disembunyikan dari tampilan dalam datasheet walaupun mereka tidak akan dihapus dalam database. Untuk menyembunyikan kolom, tempatkan kursor pada sembarang arsip dalam kolom atau sorot beberapa kolom yang bersebelahan dengan mengklik dan mendrag mouse sepanjang kolom header, dan pilih Format|Hide Columns dari menu bar

Untuk menampilkan kolom yang disembunyikan, pilih Format|Unhide Columns dari menu bar. Jendela akan menampilkan semua field dalam tabel daftar dengan daftar kotak disamping masing-masing nama field. Ceklist kotak disaming semua field yang ingin ditampilkan pada tabel data dan klik tombol Close.

[Unhide Columns window]

Mencari Data dalam tabel
Data dalam datasheet bisa dengan cepat ditemukan lokasinya dengan menggunakan perintah Find

  1. Buka tabel dalam tampilan datasheet.
  2. Tempatkan kursor dalam suatu arsip dalam field yang ingin dicari dan pilih Edit|Find... dari menu bar
  3. Masukkan nilai kriteria value dalam kotak Find What: .
  4. Dari Look In: menu panah kebawah, gambarkan area pencarian dengan memilih keseluruh tabel atau hanya field dalam tabel yang tempat anda meletakkan kursor dalam langkah ke 2.
  5. Pilih kriteria yang sesuai dari Match: dan klik tombol >> untuk menambahkan parameter pencarian.
  6. Ketika semua kriteria pencarian diset, klik tombol Find Next. Jika lebih dari satu arsip menemukan kriteria, terus klik Find Next sampai anda mencapai arsip yang benar.

[Find and Replace window]

Mengganti
Fungsi Replace mengijinkan anda untuk secara cepat mengganti data tunggal denan value baru atau mengganti semua kejadian dalam tabel

  1. Pilih Edit|Replace... dari menu bar (atau klik Replace tab jika menemukan jendela telah terbuka.).
  2. Ikuti langkah prosedur pencarian data untuk mengganti dan mengetik nilai baru dari data dalam kotak Replace With:.
  3. Klik tombol Find Next dan tombol Replace untuk membuat pergantian tunggal. Klik Replace All untuk mengganti semua data dalam satu langkah.

[Find and Replace window]

Print a Datasheet
Datasheets bisa dicetak dengan mengklik tombol Print pada toolbar atau pilih File|Print untuk mengeset pilihan mencetak.

Hubungan Tabel
Untuk mencegah duplikasi informasi dalam database dengan pengulangan fields dalam satu tabel, hubungan dapat dibentuk untuk link field tabel secara bersama. Ikuti langkah dibawah untuk membuat hubungan database.

  1. Klik tombol Relationships pada toolbar. [relationship button]
  2. Dari jendela Show Table (klik tombol Show Table pada toolbar untuk membuat tampilan ), Klik ganda pada nama tabel yang akan dimasukkan ke dalam hubungan. Ketika anda selesai memasukkan tabel, klik Close.
    [Show Table window]
  3. Untuk link field dalam dua tabel yang berbeda, klik dan drag field dari satu tabel ke field yang sesuai dalam tabel yang lain dan lepaskan tombol mouse. Edit Relationships window akan muncul. Dari window ini, pilih field yang berbeda jika perlu dan pilih option dari Enforce Referential Integrity jika perlu. Pilihan ini memberikan Access izin untuk secara otomatis membuat perubahan tabel petunjuk jika kunci arsip dalam satu tabel yang dihapus. Ceklist kotak Enforce Referential Integrity untuk memastikan hubungan bisa dilakukan dan data bukan secara kebetulan dihapus ketika data dimasukkan, diedit atau dihapus. Klik Create untuk membuat link.
    [Edit Relationships window]
  4. Baris sekarang menghubungkan dua field dalam hubungan relationships window.
    [Relationships window]
  5. Datasheet suatu hubungan tabel akan menyediakan perluasan dan tanda penghapusan untuk melihat isi subdatasheets informasi yang sesuai dari tabel lain. Pada contoh dibawah, database alamat pelajar, dan database nilai pelajar yang berhubungan dan keduanya ditampilkan secara serempak dengan menggunakan fitur perluasan. Untuk memperluas atau menghilangkan semua subdatasheets sekaligus, pilih Format|Subdatasheet|Expand All atau Collapse All dari menu toolbar.
    [Relational table example]

Tutorial Ms Power Point २००० Bag I

Buka Power Point dan anda kan dihadapkan pada empat pilihan . Semua pilihan akan dijelaskan pada halaman ini. Jika Power Point telah terbuka kotak ini tidak akan terlihat, Pilih File|New dari menu bar

[New Presentation dialog box]

AutoContent Wizard
AutoContent Wizard menyediakan templates dan ide untuk berbagai macam variasi tipe persentasi. ideas for a variety of presentation types. Membuat halaman wizard dengna mengklik tombol Next dibawah halaman setelah membuat pilihan.

[AutoContent Wizard window]

Design Template
Power Point menyediakan banyak templates dengan perbedaan background dan format teks untuk memulai persentasi. Melihat design template dapat dilakukan dengan menyorot daftar template yang disediakan pada daftar. Tekan OK setelah anda membuat pilihan design.

[New Presentation dialog box]

Persentase Kosong
Pilih persentation kosong untuk membuat presentasi sejak awal mula dengan tidak ada grafik ditetapkan lebih dulu atau diformat.

Membuka Presentation yang telah ada
Membuka Power Point presentation yang telah ada. Pilih folder file yang berlokasi di Look in: menu kebawah dan sorot file pada daftar. Klik Open untuk membuka presentation.

[Open existing presentation dialog box]

AutoLayout
Setelah memilih tipe presentation, anda kan dihadapkan pada pilihan layout new slide. layout ini termasuk bulleted lists, graphs, dan/atau images. Klik pada image dn deskripsi akan tercetak pada kotak pesan. Sorot layout yang diinginkan dan klik OK.


[New Slide dialog box]

Layar Layout
Layar Layout Power Point dalam Normal View:

[Power Point screen layout]

Views

Power Point memberikan anda empat tampilan layouts untuk membangun presentation anda dalam Slide Show. Anda bisa memilih tampilan halaman dengan mengklik tombol sedikit diatas formatting toolbar dan dibawah halaman .

[View buttons]

[Normal View] [Slide View]
Normal View
Layar ini terbagi dalam tiga bagian, tampilan presentation disebelah kiri, tampilan slide di jendela utama, dan catatan dibagian bawah.
Slide View
slide view menunjukkan slide dalam layar dan membantu untuk memasukkan gambar, format teks dan memasukkan background.
[Outline View] [Slide Sorter View]
Outline View
presentation outline ditunjukkan pada layar dengan jendela kecil untuk slide dan catatan. Tampilan ini direkomendasikan untuk pengeditan teks.
Slide Sorter View
Gambar kecil dari semua slide tampak dalam Slide Sorter view. Slides bisa dengan mudah diatur dan dipilih dari layar ini.

Klik tombol Slide Show untuk melihat slide show secara utuh..

Bekerja Dengan Slides

Memasukkan slide baru[new slide]
Ikuti langkah untuk memasukkan slide baru pada presentasi

  1. Pada garis diluar jendela, pilih slide yang ingin ditampilkan menjadi slide baru setelah mengklik jumlah slide.
  2. Pilih Insert|New Slide dari menu bar atau klik tombol new slide pada standard toolbar.
  3. Pilih halaman layout dari jendela dan tekan OK.

Menerapkan Design Template
Untuk memasukkan design template atau mengubah template yang sudah ada, pilih Format|Design Template dari menu bar. Pilih template dan klik Apply.

Mengubah Slide Layouts
Untuk mengubah layout template dari slide, Pilih Format|Slide Layout dari menu bar. Pilih salah satu gambar image klik Apply.

[New Slide dialog box]

Memanggil Kembali Slides
Untuk memanggil kembali slide dalam Slide Sorter View, gampang saja pilih dalam slide yang akan dipindahkan dan drag slide itu pada lokasi yang baru. Pada Normal atau Outline View, Klik tanda slide [slide number icon] disamping jumlah slide yang ingin anda pindahkan dan drag icon tersebut ke lokasi baru.

Menyembunyikan Slides
Jika anda tidak ingin menampilkan slide ketika slide show, tapi tidak ingin menghapus slide karena akan digunakan lagi kemudian, slide bisa disembunyikan dengan memilih Slide Show|Hide Slide dari menu bar. Untuk memasukkan slide kembali ke slide show, pilih lagi Slide Show|Hide Slide

Membuat Custom Slide Show
Fitur Custom Slide Show mengijinkan anda untuk memilih slide yang ingin ditampilkan pada slide show jika tidak semua slide show digunakan

  1. Pilih Slide Show|Custom Slide Show dari menu bar.
    [Custom Shows dialog box]
  2. Klik tombol New... dalam jendela Custom Shows
  3. Dalam jendela Define Custom Show, ketik nama untuk slide dalam Slide show name field.
    [Define Custom Show dialog box]
  4. Masukkan slides ke custom show dengan menyorotnya kedalam jendela Slides in presentation dan klik tombol Add >>. Slide ini akan tampil kemudian muncul dalam jendela Slides in custom show
  5. Untuk menghilangkan slide dari custom show, sorot nama mereka dalam jendela Slides in custom show dan klik tombol Remove
  6. Untuk mengulangi perintah custom show, slides dalam custom show, sorot slide yang akan dipindahkan dan klik panah atas dan bawah untuk memilih mana yang akan ditampilkan.
  7. Klik OK ketika selesai
  8. Klik tombol Show pada jendela Custom Shows untuk melihat dalam slide show dan klik Close untuk keluar

Mengedit Custom Slide Show

[Custom Shows dialog box]

  1. Pilih Slide Show|Custom Slide Show dari menu bar .
  2. Edit tampilan dengan menyorot nama dalam kotak Custom shows dan klik tombol Edit...
  3. Untuk mengapus tampilan, sorot nama dan klik Remove.
  4. Untuk membuat copy dari tampilan klik tombol Copy. ketika dicopy lalu ganti dengan mengklik tombol Edit...
  5. Klik tombol Show untuk melihat custom slide show dan klik Close untuk keluar .

Bulleted Lists on Design Templates
Daftar tanda Bullet mengijinkan anda untuk memajang poin-poin utama pada slide persetation. lists Kotak teks pada design templates termasuk didalamnya daftar bullet.Klik tempat slide untuk memulai memasukkan teks dan tekan ENTER untuk kembali ke baris berikutnya dan masukkan tanda bullet baru. Untuk ke baris berikutnya tanpa memasukkan tanda bullet, tekan SHIFT ketika menekan ENTER.

Daftar Tanda Bullet pada Kotak teks
Jika anda tidak membuat daftar bullet dari template, atau jika anda ingin memasukkan daftar bullet, ikuti petunjuk untuk membuat tanda bullet baru.

  1. Pada slide view, buat kotak teks dengan memilih Insert|Text Box dari menu bar.
  2. Buat kotak teks pada slide dan buat ukuran sesuai dengan keinginan anda, setelah itu
  3. Pilih Format|Bullets and Numbering dari menu bar.
    [Bullets and Numbering dialog box]
  4. Ubah ukuran Size bullet dengan mengubah persentasi dalam hubungan dengan teks.
  5. Pilih warna bullet dari Color menu. Klik More Colors untuk pilihan yang lebih besar.
  6. Pilih salah satu bullet dari tujuh yang tersedia lalu klik OK.
    - ATAU-
    Klik tombol Picture untuk melihat jendela Picture Bullet. Pilih salah satu bullet dan klik OK.
    - ATAU-
    Klik tombol Character untuk memilih karakter dari fonts yang terdapat dalam komputer. Pilih simbol font seperti Wingdings atau Webdings dari Bullets from menu panah kebawah pilih simbol yang anda inginkan. Klik pada karakter pada grid untuk melihatnya. Klik OK ketika anda telah memilih bullet yang ingin digunakan.
    [Bullet dialog box]
  7. Klik OK pada jendela Bullets and Numbering dan gunakan metode yang sama untuk memasukkan "Bulleted Lists on Design Templates" pada daftar.

Bulleted Lists dan New Slides dari Outline
Pada keadaan Normal atau Outline preview, teks akan dengan mudah kedalam jendele outline dan slide otomatis akan dimasukkan. Ikuti langkah dibawah untuk memasukkan slide pada outline view:

  1. Selanjutnya Slide 1 icon, ketik judul slide. Teks yang diketik disamping icon akan menjadi judul pada tiap slide.
  2. Tekan ENTER untuk mengetik baris selanjutnya. Ini akan otomatis membuat slide baru. Untuk membuat daftar bullet untuk slide pertama, tekan TAB atau klik tombol demote [demote] pada menu More Buttons klik tombol "tiga panah" pada akhir format toolbar [More Buttons].

Jika ada lebih dari satu daftar bullet pada slide, daftar akan didesain dengan nomor yang terlampir pada kotak hitam. Contoh dibawah menunjukkan slide yang dibuat dari outline disebelah kiri. Daftar bullet pada sebelah kiri pada daftar slide "1" pada outline dan daftar pada sebelah kanan daftar label "2". Ketika diketik outline, mulai pengetikan dalam daftar baru dengan menekan CTRL+ENTER. dalam contoh ini, CTRL+ENTER ditekan setelah mengetik "Access".

[multiple lists][multiple lists]

Daftar Nomor
Ikuti langkah ini untuk membuat Daftar Nomor

  1. Buat kotak teks .
  2. Dengan kotak teks yang telah dipilih, pilih Format|Bullets and Numbering dari menu bar.
  3. Klik Numbered tab di atas bullet dan penomoran jendela window.
    [Bullets and Numbering dialog box]
  4. Ubah ukuran nomor dengan mengubah persentasi dalam hubungannya dengan teks.
  5. Pilih warna untuk warna dari menu Color. Klik More Colors untuk memilih banyak warna
  6. Ubah nilai Start at jika angka tidak boleh dimulai dengan 1
  7. Pilih salah satu dari tujuh daftar yang ditunjukkan dan klik OK.

Mengubah ukuran kotak teks
Memilih kotak teks dengan mengkliknya dengan mouse. Garis batas dengan sembilan pilihan akan tampil disekitar kotak teks. Empat pilihan arah di sudut bisa mengubah panjang dan lebar dari kotak

[Text box example]

Text Box Properties
Ubah warna, garis dan kotak teks dari kotak dialog Format AutoShape

[Format AutoShape dialog box]

  1. Aktifkan kotak teks dengan mengkliknya dan pilih Format|Colors and Lines dari menu bar.
  2. Dibawah Colors and Lines tab, pilih Fill color untuk mengisi background kotak teks . Ceklist kotak Semitransparent jika anda ingin background slide warna yang terbayang-bayang.
  3. Pilih Line warna yang mengilingi kotak Style atau Weight untuk ketebalan baris dan Dashed property jika baris tidak ingin padat.
  4. Klik Text Box tab.
    [Format AutoShape dialog box]
  5. Ubah Text anchor point untuk memposisikan kembali teks dalam kotak teks.
  6. Set Internal margins Untuk jarak teks ke tepi kotak
  7. Klik OK untuk memasukkan perubahan ke kotak teks

Menghapus Kotak Teks
Untuk menghapus kotak teks dari template, tinggal mengklik batas kotak teks dan tekan DELETE pada keyboard.

Memasukkan Catatan
Dari Normal View, catatan bisa dimasukkan ke slide. Catatan ini tidak akan terlihat pada saat persentasi, tapi dapat diprint ke kertas dengan memilih Print What: Notes Pages

[Notes window]

Video
Untuk memasukkan video ke presentasi anda pilih Insert|Movies and Sounds|Movie from File atau sisipkan animasi dari Microsoft's gallery pilih Insert|Movies and Sounds|Movie from Gallery. Pilih file video dan klik OK.

Audio
Untuk memasukkan suara ke persentasi pilih Insert|Movies and Sounds|Sound from Gallery atau Sound from File. Pilih file suara dan klik OK.

Memasukkan Teks
Jika slide layout dimasukkan ke kotak teks, caranya mudah pada kotak teks masukkan teks. Untuk memasukkan kotak teks ke Slide, Pilih Insert|Text Box dari menu bar dan gambar kotak teks dengan mouse. Set teks agar bisa diedit dengan memilih Tools|Options dari menu bar dan dengan mengklik Edit tab.

[Options window]

Formatting Text
Pilih teks yang akan diubah formatnya dengan menyorot teks pada slide atau outline. Pilih Format|Font dari menu bar atau klik kanan pada teks yang disorot dan pilih Font dari menu popup shorcut menu atau,. Pilih font face, size, style, effect, dan color dari kotak dialog Font Klik tombol Preview untuk melihat bagaimana perubahan akan timbul dalam slide sebelum membuat keputusan

Mengganti Fonts
Desain template memiliki pilihan untuk mengganti font yang digunakan untuk presentasi untuk keadaan tertentu. Perubahan font dapat dilakukan dengan cara, Pilih Format|Replace Font dari menu bar. Pilih font yang ingin Replace dari pilihan panah bawah menu dan font harus sudah berubah With dari menu berikutnya, dan klik tombol Replace

[Replace Font window]

Baris Space
Mengubah ukuran space antar baris dalam kotak teks dengan memilih Format|Line Spacing dari menu bar.

[Line Spacing window]

  • Baris Space - Pilih ukuran vertikal space antar baris. Nilai "1" sama dengan single spae dan "2" adalah double space.
  • Sebelum paragraph dan Setelah paragraph - Nilai ini akan menentukan besar space vertikal sebeleum dan setelah paragraf dalam kotak teks.

Mengubah Case
Mengubah karakter dalam paragrf dengna memilih Format|Change Case dari menu bar tanpa harus mengetik lagi teks.

[Change Case window]

  • Sentence case - Huruf kapital dalam kata pertama dalam kalimat
  • Lowercase dan Uppercase - Mengubah semua dalam dokumen

Tinggalkan Pesan Anda