Rabu, 29 Agustus 2007

Tutorial Ms Word २००० bag III

Menggambar Tabel
Membuat tabel bisa juga dengan cara digambarkan dalam dokumen.

  1. Menggambar tabel dengan cara pilih Table|Draw Table dari menu bar. Kursor berubah menjadi gambar pensil dan muncul Tables and Borders toolbar.
    [Tables and Borders toolbar]
  2. Gambar sell tabel dengan mouse. Jika anda membuat kesalahan, klik tombol Eraser [eraser] dan tarik mouse memasuki area yang akan dihapus
  3. Untuk menambah gambar sel, klik dalam Draw Table [draw table].

Menyisipkan Baris dan Kolom
ketika tabel dibuat, sisipkan baris tambahan dengan menempatkan kursor ditempat yang akan diisi baris tambahan tersebut. Pilih Table|Insert|Rows Above atau Rows Below. Atau, Pilih keseluruhan baris dan klik kanan dengan mouse. Pilih Insert Rows dari shortcut menu.

Seperti halnya menambahkan baris, menambahkan kolom baru dengan cara menempatkan kursort dalam sel dimana kolom akan dimasukkan. Pilih Table|Insert|Columns to the Left atauColumns to the Right. atau, Pilih Kolom, klik kanan dengan mouse, dan pilih Insert Columns.

Memindahkan dan mengubah Ukuran Tabel
Empat arah panah dalam box berukukan kencil akal muncul di tabel atas sebelah kanan. Klik dan tarik empat arah panah tersebut untuk memindahkan tabel, lepaskan tombol mouse ketika menempati posisi yang diinginkan. Klik dan drag resize hand untuk mengubah ukuran tabel. Rubah lebar kolom dan tinggi baris dengan mengklik pembagi sel dan drag dengan menggunakan mouse.[Table example]

Tabel dan Batas Toolbar
Tables and Borders toolbar mengijinkan anda untuk memasukkan style border, shading, text effct, aligment, dan pilihan lain ke dalam tabel yang anda buat. Akses menuju toolbar yaitu dengan mengklik Table|Draw Table atau View|Toolbars|Tables and Borders.

[Tables and Borders toolbar]

Anda harus menyorot sel tabel yang anda ingin rubah. Klik dan drag mouse

Selection Menu Method Mouse Method
One cell Table|Select|Cell Click the bottom, left corner of the cell when a black arrow appears
One row Table|Select|Row Click outside the table to the left of the row
One column Table|Select|Column Click outside the table above the column when a black arrow appears
Several rows (none) Click outside the table to the left of the row and drag the mouse down
Several columns (none) Click outside the table above the column
Entire table Table|Select|Table Triple-click to the left of the table

Table Properties
GunakanTable Properties dialog box untuk memodifikasi isi dari sel, body teks dan isi di dalam teks tabel. Caranya adalah dengan Tables|Table Properties.

[Table Properties dialog box]

  • Size - Ceklist Preferred width box dan masukkan nilai jika lebar tabel harus tepat.
  • Alignment - Sorot ilustrasi teks yang akan dimasukkan agar sesuai dengan keinginan anda Text wrapping - Sorot "None" Jika tabel nampak pada atas garis terpisah dari teks pilih "Around" .
  • Borders and Shading - Select from a number of border styles, colors, and widths. Click the Shading Untuk mengubah warna backround.
    [Borders and Shading dialog box]
  • Options - Klik tombol Options di Table Properties window. Untuk mengubah jarak antar space teks dokumen dan batas bawah tabel Default cell margins. Checklist Allow spacing between cells box dan masukkan nilai diantara tabel sel.
    [Table Options dialog box]

Memasukkan Clip Art
Untuk memasukkan Clip art ikutilah langkah-langkah berikut :

  1. Pilih Insert|Picture|Clip Art dari menu bar.
    [Insert ClipArt dialog box]
  2. Untuk mencari gambar Klik didalam kotak Search for clips. hapus ketikannya "Type one or more words. . ." dan masukkan kata kunci yang ingin anda cari.
    - Atau-
    Klik pilihan kategori yang ada.
  3. Klik satu kali gambar image yang akan di masukkan dalam dokumen maka akan ada tampilan seperti dibawah ini:
    [Insert Image menu]
    • Insert Clip untuk memasukkan clip art dalam dokumen.
    • Preview Clip untuk melihat image dalam kondisi ukuran sebenarnya, untuk menutup kembali preview ini cukup dengan mengklik tanda x di sudut kanan atas gambar. .
      [Preview Image window]
    • Add Clip to Favorites akan memasukan gambar yang anda pilih ke dalam direktori favorit anda.dan bisa masukkan dalam Insert ClipArt dalam box.
    • Find Similar Clips akan memilih clip yang sama.
  4. Dilanjutkan dengan memilih clip art yang anda suka lalu pilih tombol Close diatas,

Memasukkan Image dari file
Ikuti tahap demi tahap:

  1. Pilih Insert|Picture|From File di menu bar.
  2. Klik panah kebawah yang terletak sebelah kanan Look in: window untuk mencari image yang ada dalam komputert.
  3. Sorot file yang ada di list lalu klik tombol Insert.
    [Insert Picture dialog box]

Mengedit Gambar Image
Aktifkan image yang akan di edit dengan mengklik sekali dengan mouse. Lalu atur sesuai keinginan anda. .

[Picture toolbar]

  • Insert Picture Untuk menyisipkan image di daerah halaman word

  • Image Control Untuk membuat warna menjadi hitam putih, grayscale atau menjadi bayang bayang

  • More/Less Contrast mengatur warna kontras pada image.

  • More/Less Brightness mengatur kecerahan pada image.

  • Line Style akan memasukkan variasi dari borders image.

  • Text Wrapping akan memodifikasi teks di depan atau luar image.

  • Format Picture menampilkan format image pada jendela terpisah..

  • Reset Picture akan menghapus kembali semua modifikasi terhadap image
makro fitur dapat mempercepat editing atau pengaturan anda boleh melaksanakan sering secara singkat dokumen. Mereka merekam urutan pemilihan menu yang kamu memilih sedemikian sehingga satu rangkaian tindakan dapat diselesaikan satu langkah.

Merekam Macro
Untuk Merekam macro, ikuti langkah berikut:

  1. Klik Tools|Macro|Record New Macro di menu bar.
    [Record Macro window]
  2. Beri nama di macro Macro name. Nama ini tidak boleh ada space dan atau dimulai dengan angka.
  3. Dari Store macro in panah kebawah, pilih dokumen yang akan dihubungkan dengan macro, atu pilih "Semua Documents" agar bisa di gunakan disemua dokumen.
  4. Masukkan deskripsi dari makro di Description. Ini untuk mengingatkan anda makro seperti apa yang anda buat.
  5. Klik OK untuk memulai merekam.
  6. Pilih options dari menu panah ke bawah dan Word akan merekam option yang anda pilih dari dialog boxes, seperti perubahan margins di Page Setup window. hanya option yang bisa di modifikasi dalam dokumen . Word tidak akan merekam toggle actions seperti View|Toolbars itu tidak akan memberikan effect pada doukumen itu sendiri.
  7. Recording toolbar akan mengizinkan anda untuk menghentikan, mempause atau melanjutkan perekaman.
    [Macro toolbar]
  8. Klik tombol Stop pada toolbar perekaman. makro tersave sekarang..

Menjalankan Makro
Untuk menjalankan makro yang ada, ikuti langkah berikut .

  1. Pilih Tools|Macro|Macros dari menu bar.
  2. Dari Macros window, sorot Macro name dalam list dan klik Run.
    [Macros dialog box]
  3. Jika macro panjang anda ingin menghentikannya ketika sedang running, tekan BREAK (hold CTRL dan tekan PAUSE)

Word akan otomatis membuat Table of Contents page jika dokumen dibuat dengan menggunakan Heading dan Paragraf Sytles (lihat bab Styles ). Ikuti langkah berikut untuk membuat Table of Contents.

Mark Table of Contents Entries

  1. Sorot judul yang ingin ditampilkan dalam Table of Contents (TOC).
  2. Tekan ALT+SHIFT+O dan Mark Table of Contents Entry akan muncul.
    [Mark Table of Contents Entry window]
  3. Entry - Ganti Nama jika anda menginginkan julud yang berbeda dalam TOC.
  4. Table identifier - Pilih"C".
  5. Level - Pilih"1" Untuk level 1 "2" untuk level berikutnya, dst.
  6. Klik tombol Mark.
  7. Dokumen akan meminta suatu "reveal codes" dan mengingatkan TOC field code. Untuk menyembunyikan semua kode klik Show/Hide codes button [Show/Hide codes button] di standard toolbar.
  8. Pilih Judul tambahan ke TOC, atau klik Close di Mark Table of Contents Entry dialog box.

Menghasilkan Table of Contents
Setelah anda menandai semua judul untuk TOC anda, ikuti langkah ini untuk menghasil kan Table of Contents.

  1. Tempatkan kursor dimana TOC ada dalam dokumen.
  2. Pilih Insert|Index and Tables dari menu bar.
    [Index and Tables window]
  3. Membuat tampilan terkostum pada TOC dari Table of Contents. Anda harus memilih desain dari Formats menu panah kebawah. preview seluruh design akan terlihat pada Print Preview window.
  4. Checklist Show page numbers box jika menginginkan nomor halaman terlihat dalam TOC. Checklist Right align page numbers box jika nomor halaman ingin terlihat di sebelah kanan, lalu pilih Tab leader antara judul dan nomor halaman.. Hilangkan ceklist di box jika nomor halaman
  5. Klick OK

Word's Web Page Wizard akan membantu dengan cepat membuat suatu halaman web untuk internet. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih File|New... dari menu bar.
  2. Klik Web Pages di menu New di dalam kotak.
[New Web Page dialog box]
  1. Sorot Web Page Wizard icon dan klik OK.
  2. klik Next di Web Page Wizard .
  3. Title and Location - Masukkan judul untuk web site anda, dan pilih lokasi didalam harddisk komputer dimana files akan di simpan. klik Next ketika selesai.
    [Web Page Wizard dialog box]
  4. Navigation - Memilih tipe navigasi untuk membuat web page. Separate page biasanya adalah pilihan terbaik dan termudah untuk digunakan.
    [Web Page Wizard dialog box]
  5. Add Pages - Layar berikutnya akan menampilkan daftar halaman dalam web site. klik Add New Blank Page untuk menambahkan halaman baru, dan sorot halaman dalam daftar dan klik Remove Page untuk menghapus halaman dari web site. Untuk menambahkan halaman pada situs yang telah anda buat, klik the Add Existing File... dan pilih halaman yang ingin anda tambahkan
    [Web Page Wizard dialog box]
    Klik Add Template Page... Untuk memasukkan halaman dengan tampilan yang sudah diatur. Sorot pilihan dalam Web Page Templates window untuk melihat template dalam jendela utama. Klik OK untuk memilih template.
    [Web Page Templates]
  6. Organize Pages - Merekam halaman web site. Sorot nama dari halaman yang akan dipindahkan dan klik Move Up Move Down. Klik Rename untuk mengganti halaman.
    [Web Page Wizard dialog box]
  7. Visual Theme - Pilih No visual theme Untuk halaman kosong atau selek dan ceklist Add a visual theme dan klik Browse Themes... untuk memilih theme graphic
    [Web Page Wizard dialog box]
    Dari jendela Themes, sorot themes dalam daftar preview. Ceklist Vivid Colors dan kotak Active Graphics untuk menerapkan pilihan ini. Hilangkan ceklist pada background Image Box untuk menghilangkan graphic dari background halaman. Klik OK ketika selesai.
    [Web Theme dialog box]
  8. klik Finish untuk membuat web site
Pada halaman sebelumnya telah diterangkan bagaimana membuat web dengan menggunakan Web Page Wizard. Halaman ini menerangkan membuat suatu web page dari awal dan memasukkan unsur-unsur dair wizard. Ketika bekerja dalam format web dokumen, lihat halaman dalam web layout dengan memilih View|Web Layout dari menu bar. Masukkan teks dan sisipkan gambar hanya jika dalam dokumen word normal.

Hyperlinks hyperlink button
hyperlink adalah koneksi antara dua halaman web dalam internet.Hyperlinks bisa di buat dari teks maupun dari gambar dan kedua metode ini akan didiskusikan disini. Ikuti beberapa tahap untuk membuat links ke wes sites lain dan halaman dengan situs anda.

  1. Ketik teks yang ingin ditampilkan dalam link atau masukkan gambar yang ingin di link
  2. Sorot teks atau gambar dan klik Insert Hyperlink di standard toolbar atau tekan CTRL+K.
  3. Dari Insert Hyperlink dialog box, ubah Text to display jika diperlukan.
    [Insert Hyperlink dialog box]
  4. Ketik nama file atau nama halaman Web dalam kotak atau select dari daftar.
  5. Klik OK untuk membuat link.

Menyimpan Halaman Web
Halaman dalam web harus disimpan dalam format HTML (Hypertext Markup Language) agar bisa dibaca oleh web browsers. Word akan meng konversi file dokumen menjadi file HTML using dengan cara Save as Web Page.

  1. Pilih File|Save as Web Page dari menu bar.
  2. Klik Change Title untuk memasukkan judul web page.
    [Set Page Title dialog box]
  3. Ketik File name dalam kotak yang disediakan.
  4. Yakinkan bahwa file Save as type dalam bentuk Web Page.
  5. Klik Save.

Membuat Halaman Web dari Template
Fitur pada Word menampilkan beberapa layout templates yang bisa dimasukkan ke dalam web yang anda miliki. Membuat halaman web dari template mengikuti beberapa tahap :

  1. Pilih File|New... dari menu bar.
  2. Klik Web Pages tab pada New pad kotak dialog.
  3. Sorot Satu dari template yang ada dan klik OK.
[New web template dialog box]
  1. Template akan tampil di jendela utama.. Ganti dan tempatkan teks yang ada dengan teks yang anda miliki dengan menyorotnya dan mengetikkannya. Ganti photo dan gambar dengan menghapusnya dan memasukkan gambar baru yang anda miliki .
    [Web template example]
  2. Simpan halaman dengan memilih File|Save as Web Page dari menu bar.

Web Page Themes
Visual Theme feature dari halaman Web Page Wizard bisa di akses untuk beberapa halaman web. Untuk menambahkan theme ke halaman kosong atau halaman yang ada, pilih Format|Theme... dari menu bar. Pilih theme dari daftar dan klik OK. Isi halaman akan kosong kecuali jika background gambar dari theme dipilih. style daftar, default font, bulet bullet images telah berubah untuk merefleksikan new theme. Untuk merubah theme dari halaman, mudah tinggal pilih Format|Theme... dari menu bar lagi dan pilih theme yang berbeda

Melihat Halaman Web
Halaman akan terlihat Halaman akan terlihat berbeda ketika dikonversi ke bentuk HTML dan dilihat dalam web. Sebelum diterbitkan halaman web anda, coba gunakan Word's web preview features, pilih File|Web Page Preview untuk membukan halaman dalam bentuk web browser

Keyboard shortcuts dapat menghemat waktu anda dalam melakukan eksekusi perintah

Action Keystroke
Document actions
Open a file CTRL+O
New file CTRL+N
Close a file CTRL+W
Save As F12
Save CTRL+S or SHIFT+F12
Print Preview CTRL+F2
Print CTRL+P
Show/Hide paragraph symbols CTRL+*
Spelling and grammar F7
Help F1
Find CTRL+F
Replace CTRL+H
Go To CTRL+G
Cursor movement
Select all - entire document CTRL+A
Select from cursor to beginning of line SHIFT+Home
Select from cursor to end of line SHIFT+END
Go to beginning of line HOME
Go to end of line END
Go to beginning of document CTRL+Home
Go to end of document CTRL+End
Formatting
Cut CTRL+X
Copy CTRL+C
Paste CTRL+V
Undo CTRL+Z
Redo CTRL+Y
Format painter CTRL+SHIFT+C
Left alignment CTRL+L
Center alignment CTRL+E
Right alignment CTRL+R
Justified CTRL+J
Delete previous word CTRL+Backspace
Apply bulleted list CTRL+SHIFT+L
Indent CTRL+M
Page break CTRL+Enter
Action Keystroke
Text Style
Font face CTRL+SHIFT+F
Font size CTRL+SHIFT+P
Bold CTRL+B
Italics CTRL+I
Underline CTRL+U
Double underline CTRL+SHIFT+D
Word underline CTRL+SHIFT+W
All caps CTRL+SHIFT+A
Change case SHIFT+F3
Subscript CTRL+=
Superscript CTRL+SHIFT+=
Make web hyperlink CTRL+K
Tables
Go to next cell Tab
Go to previous cell SHIFT+Tab
Go to beginning of column ALT+PageUp
Highlight to beginning of column ALT+SHIFT+PageUp
Go to end of column ALT+PageDown
Highlight to end of column ALT+SHIFT+PageDown
Go to beginning of row ALT+Home
Highlight to beginning of row ALT+SHIFT+Home
Go to end of row ALT+End
Highlight to end of row ALT+SHIFT+End
Column break CTRL+SHIFT+Enter
Miscellaneous
Copyright © ALT+CTRL+C
Date field ALT+SHIFT+D
Go to footnotes ALT+CTRL+F
Show/Hide ¶ CTRL+SHIFT+8
Thesaurus SHIFT+F7

Semua Shortcuts
List Shorcut ini dapat diprint untuk dipelajari. cara untuk mengeprintnya ::

  1. Pilih Tools|Macro|Macros dari menu bar.
  2. Dari Macros In ada menu panah kebawah, pilih Word Commands.
  3. Pilih ListCommands dari macro listing.
  4. Klik Tombol Run.
  5. Pilih Current Menu and Keyboard Settings dari popup window dan klik OK.
  6. Word akan otomatis membuka dokumen baru dengan table shorcut . Print dokumen untuk mengeprint..

Tutorial Ms Excel २००० Bag 2

Yang membedakan fitur spreadsheet seperti Excel adalah kemampuan untuk membuat rumus matematika formula dan melaksanakan fungsi. Fungsi lainnya, tidak hanya untuk menampilkan teks pada tabel yang luas. Halaman ini akan menunjukkan bagaimana anda membuat rumus kalkulasi.

Formulas
Formulas dimasukkan dalam worksheet sel dan harus dimulai dengan dengan tanda sama dengan. "=". Formula lalu dimasukkan ke alamat sel yang bernilai akan di manipulasi dengan sesuai penempatan. Setelah formula diketikan ke dalam sel, kalkulasi dilaksanakan segera dan formula itu sendiri terlihat dalam formula bar. Lihat contoh dibawah untuk melihat tampilan formula untuk kalkulasi harga buku. Formula akan mengalikan dan menjumlahkan jumlah dan harga tiap buku dan memasukkannya dalam total.

[Formula example]

Linking Worksheets
Anda akan menggunakan nilai value dari sel dalam worksheet lain dalam workbook yang sama. Untuk contoh, value sel A1 dalam worksheet dan sel A2 dalam worksheet kedua bisa dimasukkan dengan menggunakan format "sheetname!celladdress". Formula untuk contoh ini akan menjadi "=A1+Sheet2!A2" dimana value dari sel A1 dalam worksheet dimasukkan ke value pada sel A2 dalam worksheet yang diberi nama "Sheet2".

Relative, Absolute, and Mixed Referencing
Memanggil sel hanya dengan menulis kolom dan baris label (seperti"A1") ini disebut juga relative referencing. Ketika formula berisi relative referencing dan dicopy dari satu sel ke sel, Excel tidak membuat salinan berupa formula. Ini akan mengubah alamat sel relatif kolom dan baris yang dipindahkan. Untuk contoh , Jika masukkan formula sederhana dalam sel C1 "=(A1+B1)" disalin ke C2, formula akan berubah ke "=(A2+B2)" untuk mencerminkan baris baru. Untuk mencegah perubahan ini, sel harus diisi dengan absolute referencing dan ini akan dikerjakan dengan menempatkan tanda "$" dalam alamat sel dalam formula. Melanjutkan contoh sebelumnya, formula dalam sel C1 akan terbaca "=($A$1+$B$1)" jika value dari C2 harus merupakan penjumlahan dari sel A1 and B1. Kolom dan baris sel akan menjadi absolut dan tidak akan berubah ketika disalin. Mixed referencing bisa juga digunakan dimana hanya baris atau kolom yang tetap. Untuk contoh, dalam formula "=(A$1+$B2)", baris sel A1 is tetap dan kolom sel B2 juga tetap

Fungsi Dasar
Fugsi bisa lebih efisien dengan operasi matematika dari pada formula. Untuk contoh, jika anda ingin memasukkan values sel D1 sampai D10, anda akan mengetikan rumus formula "=D1+D2+D3+D4+D5+D6+D7+D8+D9+D10". Jalan pintas akan digunakan menjumlah (SUM) cara sederhana"=SUM(D1:D10)". Beberapa fungsi lain dan contoh diberikan dalam tabel dibawah

Function Example Description
SUM =SUM(A1:100) finds the sum of cells A1 through A100
AVERAGE =AVERAGE(B1:B10) finds the average of cells B1 through B10
MAX =MAX(C1:C100) returns the highest number from cells C1 through C100
MIN =MIN(D1:D100) returns the lowest number from cells D1 through D100
SQRT =SQRT(D10) finds the square root of the value in cell D10
TODAY =TODAY() returns the current date (leave the parentheses empty)

Function Wizard [function wizard]
Tampilan semua fungsi ada dalam Function Wizard.

  1. Aktifkan sel dimana fungsi akan ditempatkan dan klik tombol Function Wizard pada standar toolbar.
  2. Dari kotak dialog Paste Function, browse sampai fungsi dengan mengklik dalam Function category menu pada sebelah kiri dan pilih fungsi dari pilihan Function name pada sebelah kanan. Masing-masing nama fungsi akan disorot dan deskripsi akan tampil dibawah dua kotak yang disediakan.
    [Paste Function window]
  3. Klik OK untuk memilih fungsi
  4. Jendela berikutnya mengijinkan anda untuk memilih sel yang akan dimasukkan ke dalam fungsi. Pada contoh dibawah, sel B4 dan C4 akan otomatis dipilih untuk fungsi penjumlahan pada Excel. Sel values {2, 3} terletak dikanan dari Number 1 field dimana alamat sel terdaftar. . Jika satuan sel lain, seperti B5 dan C5, perlu dimasukkan ke fungsi, sel itu akan ditambahkan dalam format "B5:C5" ke Number 2 field.
    [Paste Function options]
  5. Klik OK ketika semua sel untuk fungsi telah dipilih.

Autosum [autosum]
Gunakan fungsi Autosum untuk memasukkan isi dari sel yang bersebelahan.

  1. Pilih sel sum akan muncul dalam luar sel dan values akan dimasukkan. Sel C2 telah digunakan dalam contoh ini
  2. Klik tombol Autosum (Greek letter sigma) pada standard toolbar.
  3. Sorot penggolongan sel yang akan dijumlahkan (dalam hal ini sel A2 sampai B2 ).
  4. Tekan ENTER pada keyboard atau klik tand ceklist hijau pada formula bar [check mark].
    [Autosum example]

Basic Sorts [basic sorts]
Untuk melaksanakan pengurutan secara secara alfabet baik menaik maupun menurun, sorot kolom pada sel yang akan diurutkan klik Sort Ascending (A-Z) atau Sort Descending (Z-A) pada standar toolbar

Complex Sorts
Untuk menyorot berbagai kolom, ikuti langkah berikut :

  1. Sorot sel, baris, atau kolom yang akan disortir.
  2. Pilih Data|Sort dari menu bar.
  3. Dari kotak dialog Sort, pilih kolom pertama untuk disortir dari menu panah bawah menu Sort By dan pilih ascending atau descending.
  4. Pilih kolom kedua dan, jika perlu isi kolom yang ketiga dari menu panah bawah Then By .
    [Sort dialog box]
  5. Jika sel yang anda sorot termasuk teks dalam baris pertama, beri tanda My list has...Header row dan baris pertama akan tersisa pada atas worksheet.
  6. Klik tombol Options untuk yang bukan alfabet seperti bulan dalam setahun dan hari dalam seminggu. .
    [Sort Options dialog box]
  7. Klik OK untuk melaksanakan sort

Autofill
Autofill fitur mengijinkan anda untuk mengisi sel dengan berulang atau data contoh seperti kronologis tanggal atau angka, dan pengulangan teks

  1. Ketik nomor awal atau tanggal atau tanggal atau teks yang akan diulang ke dalam sel.
  2. Pilih dibawah, sudut kanan sel dengan mouse kiri dan drag ke sel yang ingin diisi.
  3. Lepaskan tombol mouse.

Jika anda ingin mengisi otomatis kolom dengan sel, tampilkan nomor yang sama atau tanggal tanggal data harus sama ke dua sel yang bersebelahan dalam kolom. Sorot kedua sel dan drag dengan mouse.

Alternating Text and Numbers with Autofill
Autofill fitur bisa juga digunakan untuk alternatif teks atau nomor. Untuk contoh, untuk membuat pengulangan daftar hari dalam seminggu, ketik tujuh hari ke tujuh sel yang bersebelahan dalam kolom. Sorot ketujuh sel dan drag ke bawah dengan mouse.

Autofilling Functions
Autofill bisa juga digunakan untuk mengkopi fungsi. Dalam contoh dibawah, kolom A dan kolom B masing-masing berisi nomor dan kolom C berisi jumlah kolom A danB untuk masing-masing baris. Fungsi dalam sel C2 akan menjadi "=SUM(A2:B2)". Fungis ini lalu bisa di salin ke sisa sel dari kolom C dengan mengaktifkan Sel C2 dan drag ke bawah untuk mengisi sisa sel. Fitur autofill akan otomatis mengupdate nomor baris dan menunjukkan dibawah jika sel acuan relatif.


[AutoFill example]

Memasukkan Clip Ar[AutoFill example]t
Untuk memasukkan Clip art ke worksheet ikutilah langkah-langkah berikut :

  1. Pilih Insert|Picture|Clip Art dari menu bar.
    [Insert ClipArt dialog box]
  1. Untuk mencari gambar Klik didalam kotak Search for clips. hapus ketikannya "Type one or more words. . ." dan masukkan kata kunci yang ingin anda cari.
    - Atau-
    Klik pilihan kategori yang ada.
  2. Klik satu kali gambar image yang akan di masukkan dalam dokumen maka akan ada tampilan seperti dibawah ini:
    [Insert Image menu]
    • Insert Clip untuk memasukkan clip art dalam dokumen.
    • Preview Clip untuk melihat image dalam kondisi ukuran sebenarnya, untuk menutup kembali preview ini cukup dengan mengklik tanda x di sudut kanan atas gambar.
      [Preview Image window]
    • Add Clip to Favorites akan memasukan gambar yang anda pilih ke dalam direktori favorit anda.dan bisa masukkan dalam Insert ClipArt dalam box.
    • Find Similar Clips akan memilih clip yang sama.

  3. Dilanjutkan dengan memilih clip art yang anda suka lalu pilih tombol Close diatas,

Memasukkan Image dari file
Ikuti tahap demi tahap:

  1. Pilih Insert|Picture|From File di menu bar.
  2. Klik panah kebawah yang terletak sebelah kanan Look in: window untuk mencari image yang ada dalam komputert.
  3. Sorot file yang ada di list lalu klik tombol Insert.


[Insert Picture dialog box]

Mengedit Gambar Image
Aktifkan image yang akan di edit dengan mengklik sekali dengan mouse. Lalu atur sesuai keinginan anda. .

[Picture toolbar]

  • Insert Picture Untuk menyisipkan image di daerah halaman Excel

  • Image Control Untuk membuat warna menjadi hitam putih, grayscale atau menjadi bayang bayang

  • More/Less Contrast mengatur warna kontras pada image.

  • More/Less Brightness mengatur kecerahan pada image.

  • Line Style akan memasukkan variasi dari borders image.

  • Text Wrapping akan memodifikasi teks di depan atau luar image.

  • Format Picture menampilkan format image pada jendela terpisah..

  • Reset Picture akan menghapus kembali semua modifikasi terhadap image
Charts mengijinkan anda untuk menyajikan data masukkan ke dalam worksheet dalam format tampilan dengan menggunakan berbagai variasi grafik. Sebelum anda membuat chart anda harus terlebih dahulu memasukkan data ke dalam worksheet. Halaman ini menerangkan bagaimana anda membuat chart yang mudah dari data.

Chart Wizard [chart wizard]
Chart Wizard akan membawa proses membuat chart dengan menampilkan kotak dialog.

  1. Masukkan data kedalam worksheet dan sorot semua sel termasuk dalam chart headers. [Chart Wizard example]
  2. Klik tombol Chart Wizard dalam standar toolbar untuk melihat pertama kotak dialog Chart Wizard.
  3. Chart Type - Pilih Chart type dan Chart subtype jika diperlukan. Klik Next.
    [Chart Wizard dialog box]
  4. Chart Source Data - Pilih daerah data (jika berbeda dari daerah yang disorot dalam langkah 1) dan klik Next.
    [Chart Wizard dialog box]
  5. Chart Options - Masukkan nama dari grafik dan judul untuk X- dan Y-axes. Pilihan lain untuk axes, grid lines, legend, data labels, dan data tabel bisa diubah dengan mengkliknya pada tabs. Tekan Next untuk pindah ke pilihan selanjutnya.
    [Chart Wizard dialog box]
  6. Chart Location - Klik As new sheet jika grafik harus ditempatkan dalam tempat yang baru, worksheet kosong atau pilih As object in jika grafik harus ditempelkan dalam sheet yang ada dan pilih worksheet dari menu panah bawah.
    [Chart Wizard dialog box]
  7. Klik Finish untuk membuat grafik .

[Chart Wizard example]

Mengubah ukuran grafik
Untuk mengubah ukuran grafik, klik pada baris dan drag pada kotak hitam pada sudut. Kotak hitam disudut akan mengubah ukuran grafik yang proporsional sepanjang garis dari awal grafik. .

Memindahkan grafik
Pilih garis pada grafik, tekan tombol kiri mouse, dan drag grafik ke lokasi baru. Elemen didalam grafik seperti judul dan label akan dipindahkan juga dalam grafik. Klik pada elemen untuk mengaktifkannya, dan gunakan mouse untuk mendrag element untuk berpindah.

Format grafik Toolbar

[chart toolbar]

Chart Objects List - Untuk memilih objek dalam grafik format, klik objek pada grafik atau pilih objek dari Chart Objects List dan klik Format button. Jendela yang berisi objek akan muncul untuk membuat perubahan format.

Chart Type - Klik panah pada tipe grafik untuk memilih tipe grafik

Legend Toggle - Tunjukan atau sembunyikan legend grafik dengan mengklik tombol

Data Table view - Tampilkan data tabel sebagai ganti dari grafik dengan mengklik tombol Data Table.

Display Data by Column or Row - grafik data dengan kolom atau bari disusun ke dalam data sheet.

Angle Text - Pilih kategori atau nilai axis dan klik Angle Downward atau tombol Angle Upward untuk perputaran dipilih dengan by +/- 45 derajat. .

[Angle text example]

Mengkopy Grafik ke Microsoft Word
Menyelesaikan grafik bisa dengan mengkopy kedalam dokumen Microsoft Word. Pilih grafik dan klik Copy. Buka tujuan dokumen dalam Word dan klik Paste

Page Breaks
Untuk mensetting page breaks, pilih baris yang ingin ditampilkan, dibawah halaman page break dengan mengklik baris label. Lalu pilih Insert|Page Break dari menu bar. Anda harus mengklik ganda panah bawah pada bawah daftar menu untuk melihat option ini.

Setting Halaman
Pilih File|Page Setup dari menu bar ke format halaman, set margins, dan masukkan headers dan footers.

  • Halaman
    Pilih Orientation dibawah Page tab dalam jendela Page Setup untuk membuat halaman Landscape atau Portrait. Ukuran worksheet pada halaman bisa juga diformat dibawah Scaling. Untuk memaksa worksheet mencetak hanya satu halam lebar dan semua kolom yang ditampilkan dalam halaman yang sama, pilih Fit to 1 page(s) wide.
    [Page Setup dialog box]
  • Margins(Garis Tepi)
    Ubah atas, bawah, kiri dan kanan garis tepi dibawah dengan Margins tab. Masukkan nilai dalam header dan footer field untuk menandakan seberapa jauh dari tepi halaman teks ini harus ditampilkan. Ceklist kotak untuk centering horizontally atau vertically pada halaman.
    [Page Setup dialog box]
  • Header/Footer
    Menambahkan headers dan footers pada halaman dengan mengklik tombol panah bawah dibawah Header/Footer tab.
    [Page Setup dialog box]
    Untuk memodifikasi header atau footer, atau membuatnya sendiri, klik Custom Header dan tombol Custom Footer. Jendela baru akan terbuka mengikuti anda untuk memasukkan teks dikiri, tengah atau kanan halaman.

    [Header and Footer options]

    Format Text - Klik tombol ini setelah menyorot teks untuk mengubah font, size, dan style.
    Page Number - Memasukkan nomor halaman pada setiap halaman.
    Total Number of Pages - Gunakan fitur ini Use this feature bersama nomor halaman untuk membuat string seperti "page 1 of 15".
    Date - Memasukkan tanggal.
    Time - Memasukkan Jam sekarang.
    File Name - Memasukkan nama pada file workbook.
    Tab Name - Memasukkan nama pada worksheet's tab.

  • Sheet
    Ceklist Gridlines jika anda ingin membagi halaman sel untuk di cetak.
    [Page Setup dialog box]

Print Preview
Pilih File|Print Preview dari menu bar untuk melihat bagaimana worksheet akan dicetak. Klik Next dan tombol Previous pada atas window untuk menampilkan halaman dan klik tombol Zoom untuk melihat halaman lebih dekat. Membuat halaman layout modifikasi dibutuhkan dengan mengklik tombol Page Setup. Klik Close untuk kembali ke worksheet atau Print untuk melanjutkan mencetak.

Print
Untuk mencetak ke worksheet, pilih File|Print dari menu bar.

[Print dialog box]

  • Print Range - Pilih semua halaman atau daerah halaman yang akan dicetak.
  • Print What - Pilih sel yang disorot dalam worksheet, active worksheet, atau semua worksheet dalam workbook.
  • Copies - Pilih jumlah copyan yang akan dicetak.

Klik OK untuk mencetak

Keyboard shortcuts bisa menghemat waktu, inilah tombol shorcut pada Excel yang perlu diingat, untuk mempercepat pekerjaan :

Action Keystroke
Document actions
Open a file CTRL+O
New file CTRL+N
Save As F12
Save CTRL+S
Print CTRL+P
Find CTRL+F
Replace CTRL+H
Go to F5
Cursor Movement
One cell up up arrow
One cell down down arrow
One cell right Tab
One cell left SHIFT+Tab
Top of worksheet (cell A1) CTRL+Home
End of worksheet
(last cell with data)
CTRL+End
End of row Home
End of column CTRL+left arrow
Move to next worksheet CTRL+PageDown
Formulas
Apply AutoSum ALT+=
Current date CTRL+;
Current time CTRL+:
Spelling F7
Help F1
Macros ALT+F8
Action Keystroke
Selecting Cells
All cells left of current cell SHIFT+left arrow
All cells right of current cell SHIFT+right arrow
Entire column CTRL+Spacebar
Entire row SHIFT+Spacebar
Entire worksheet CTRL+A
Text Style
Bold CTRL+B
Italics CTRL+I
Underline CTRL+U
Strikethrough CTRL+5
Formatting
Edit active cell F2
Format as currency with 2 decimal places SHIFT+CTRL+$
Format as percent with no decimal places SHIFT+CTRL+%
Cut CTRL+X
Copy CTRL+C
Paste CTRL+V
Undo CTRL+Z
Redo CTRL+Y
Format cells dialog box CTRL+1

Tinggalkan Pesan Anda